Unik, Inilah Tradisi Tahun Baru di Berbagai Negara!

12
unik-inilah-tradisi-tahun-baru-di-berbagai-negara

Trivia – Tik tok tik tok! Tidak terasa ya sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru di 2022. Menyambut tahun baru tentunya tidak lepas dari perayaan pada saat malam pergantian tahun. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan, mulai dari berkumpul dengan keluarga dan sahabat, BBQ bersama serta menyalakan kembang api hingga petasan agar perayaan lebih meriah. Namun, tidak hanya setiap keluarga saja yang memiliki tradisi dalam melaksanakan malam pergantian tahun, beberapa negara di dunia juga memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan tahun baru lho! Apa saja ya, yuk simak lebih lanjut!

  • Membunyikan lonceng sebanyak 108 kali

    Pada saat malam pergantian tahun di Jepang, kuil-kuil akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali yang melambangkan 108 godaan di dunia seperti yang diajarkan dalam ajaran agama Buddha. Hal tersebut adalah cara untuk melepaskan dari segala dosa untuk persiapan memasuki tahun yang baru sebagai pribadi yang bersih kembali.
  • Melempar bunga putih ke lautan

    Tradisi perayaan tahun baru di Brazil ini dilakukan untuk memberikan peghormatan kepada Dewi Lautan. Masyarakat Brazil akan melemparkan bunga-bunga berwarna putih di lautan pada hari pertama di awal tahun.
  • Menaburkan garam di pintu

    Tradisi selanjutnya datang dari Negara Turki, masyarakat Turki akan menaburkan garam di depan pintu rumah mereka yang diyakini dapat mendatangkan keberuntungan serta kelimpahan rezeki terhadap keluarga tersebut.
  • Membakar orang-orangan sawah

    Tradisi membakar orang-orangan sawah ini datang dari Ekuador. Pada malam pergantian tahun, masyarakat Ekuador memiliki tradisi untuk membakar boneka orang-orangan sawah tepat pada tengah malam. Mayoritas keluarga juga akan melakukan prosesi membakar foto-foto lama yang diambil pada tahun sebelumnya. Kedua tradisi tersebut dipercaya oleh masyarakat Ekuador dapat mendatangkan hal baik serta peruntungan bagi mereka.

  • Melemparkan piring ke pintu rumah

    Tradisi ini dipercaya oleh masyarakat Denmark bahwa piring-piring tersebut jika dilemparkan ke pintu rumah akan berdampak baik bagi mereka. Mereka akan melemparkan piring-piring tersebut ke depan pintu rumah kerabat maupun sahabat. Semakin banyak piring yang dilemparkan ke rumah kamu, menandakan semakin banyaknya teman yang kamu miliki di sepanjang tahun sebelumnya.
    Menggantung bawang bombay di pintu masuk
    Bawang bombay merupakan simbol kelahiran atau awal yang baru di Yunani. Oleh karena itu, pada malam pergantian tahun, masyarakat Yunani akan menggantungkan bawang bombay di depan rumahnya sebagai tanda menyambut awal yang baru. Lalu pada hari setelahnya para orang tua akan membangunkan anak mereka untuk mengetuk kepala anak mereka dengan menggunakan bawang bombay sebagai tradisi mereka.
    Mengenakan dan makan serba bulat
    Masyarakat Filipina akan mengumpulkan barang-barang maupun makanan yang berbentuk bulat, yang melambangkan koin atau uang dan diharapkan dapat memberi keberuntungan serta kemamakmuran bagi warga Filipina.
    BBQ dan menyaksikan pesta kembang api
    Tradisi yang terakhir tentu tidak asing lagi, karena tradisi ini datang dari Indonesia! Sambil menunggu detik-detik pergantian tahun, masyarakat Indonesia akan berkumpul bersama keluarga maupun kerabat dan mengadakan acara bakar-bakar yang dilengkapi dengan menyalakan kembang api dan juga petasan agar perayaan semakin meriah!

Hal tersebut merupakan tradisi unik yang dilakukan oleh berbagai Negara. Tradisi tersebut akan terus dilakukan turun menurun kepada generasi yang akan datang untuk melestarikan budaya yang dilakukan setiap Negara tersebut. Meskipun tahun ini kita masih belum bisa merayakan tahun baru dengan normal, tapi kita masih bisa merayakannya dengan kebersamaan keluarga inti di rumah. Jangan lupa untuk selalu taat dengan protokol kesehatan dalam menyambut tahun yang baru, dan mari berharap agar tahun yang akan datang kita bisa Kembali merayakannya dengan penuh suka cita.

Advertisement