Waspada 5 Penyakit Paling Mematikan Bagi Warga Indonesia!

134
Waspada 5 Penyakit Paling Mematikan Bagi Warga Indonesia

Health – Jika pada tahun 1990-an masyarakat Indonesia dihantui oleh penyakit menular, maka sekarang tingkat kematian lebih tinggi disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM). Kesehatan yang seharusnya murah jika dijaga dengan benar, menjadi mahal ketika mulai ada organ yang tidak berfungsi dengan baik. Bukan hanya 1 penyakit, tapi bisa menyebar ke seluruh tubuh dan merusak organ yang lain. Dirangkum dari beberapa sumber, sejumlah penyakit mematikan ini diderita oleh warga Indonesia:

1. Hipertensi

Penyakit ini kerap disebut sebagai The Silent Killer karena sebagian besar penderitanya tidak merasakan gejala atau keluhan, sehingga mereka tidak menyadari bahwa hipertensi sedang menghantui kesehatan. Hipertensi menjadi penyebab kematian sekitar 8 juta orang per tahun dan terus menunjukkan peningkatan seiring berjalannya waktu. Resiko hipertensi diperparah pada orang dengan kebiasaan merokok, peningkatan gula darah dan tekanan darah sistolik yang tinggi. Hipertensi dapat dicegah dengan berhenti merokok, tidak minum alkohol, menerapkan pola makan yang sehat, rajin berolahraga, dan mengelola stress.

2. Diabetes Melitus

Pada tahun 2020, lebih dari 10,8 juta orang Indonesia menderita diabetes melitus, dan bahkan terus meningkat selama masa pandemic Covid-19. Ancaman penyakit diabetes melitus sangat berbahaya karena kondisi ini membuat harapan hidup berkurang 5-10 tahun. Pada kasus parah, komplikasi akibat penyakit ini menimbulkan dampak buruk bagi fungsi mata, jantung, ginjal, kulit, saraf, saluran pernapasan, hingga amputasi pada penderita ulkus kaki. Tentunya penyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rajin olahraga, mengonsumsi makanan rendah gula, dan menjaga berat badan ideal.

3. Stroke

Stroke termasuk dalam penyakit tidak menular yang menyebabkan kasus kematian terbanyak, bahkan menjadi penyakit penyebab kematian nomor 1 di Indonesia. Walaupun kasus stroke sering ditemukan pada kelompok usia 45-74 tahun, kini juga banyak ditemukan pada kelompok usia 15-24 tahun. Stroke selalu datang secara tiba-tiba, yang gejalanya ditandai dengan pusing luar biasa, mulut mencong, sebelah sisi tubuh sulit digerakkan, dan sulit berbicara. Untuk dapat terhindar dari penyakit ini, sebaiknya hindari merokok dan alkohol, mengontrol gula dan tekanan darah, diet sehat, dan rajin olahraga.

4. Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal menjadi 4 besar penyakit yang menghabiskan dana paling besar setelah jantung, kanker, dan stroke. Walapun bentuknya sangat kecil, fungsi organ ginjal sangat penting untuk membersihkan darah dan menjaga keseimbangan mineral. Bila seseorang mengalami gagal ginjal akan berdampak pada menumpuknya zat beracun yang mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki, kurang tidur, dan kesulitan bernapas. Keterlambatan deteksi dan penanganan terhadap penyakit ini membuat angka kematian cukup tinggi.

5. Kanker

Kanker diakibatkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal yang menjadi sel kanker. Perubahan tersebut disebabkan oleh faktor genetik, paparan radiasi atau zat kimia, dan gaya hidup yang tidak sehat. Jenis kanker yang paling banyak dialami di Indonesia adalah kanker paru-paru (laki-laki) dan kanker payudara dan leher rahim (perempuan). Tingginya angka kematian kanker berkaitan dengan kurangnya pengetahuan dan kesadaran untuk deteksi dini kanker, serta keterlambatan penanganan. Anda harus waspada jika merasakan gejala seperti penurunan berat badan yang tidak jelas, demam, kelelahan, rasa sakit, dan perubahan kulit.

Penyakit-penyakit diatas memang mengerikan dan bisa menghantui siapa saja tanpa peringatan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mencegahnya dari sekarang. Kunci utamanya ada pada pola hidup sehat, rajin olahraga, dan mengonsumsi makanan sehat yang seimbang. Pastikan asupan nutrisi selalu tercukupi dengan Teh Daduzi, the herbal yang terbuat dari 100% ekstrak bahan alami yang dapat menghancurkan lemak, mengontrol gula darah, kolestrol, dan berat badan ideal. Olahraga dengan Horse Bike dari Jaco akan memberikan sensasi olahraga berkuda dari rumah, dibarengi pemakaian Secret Slimming Suit akan memberikan efek kesehatan yang maksimal untuk tubuh. Dapatkan penawaran menarik di seluruh online store dan offline store Jaco dan ubah hidupmu sekarang!

Advertisement