Yakin Sudah Punya Alas Kaki Yang Tepat?

59
Yakin Sudah Punya Alas Kaki Yang Tepat - Sule K-Walk

Health – Sepatu dan sandal adalah pelengkap busana dan menjadi atribut penting saat pergi ke berbagai tempat. Ragam model alas kaki yang bervariasi mampu meningkatkan daya tarik seseorang. Namun, siapa sangka pemakaian alas kaki yang tidak cocok dengan bentuk dan tipe kaki ternyata dapat memicu beberapa kelainan pada kaki, bahkan menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian tubuh yang lain.

1. Bunion

Bunion adalah pembesaran tulang atau jaringan sekitar sendi yang membuat jempol kaki dapat berubah arah mendekati jari yang ada di sebelah jempol dan menyebabkan rasa sakit. Meskipun faktor genetik mungkin memainkan peran dalam munculnya bunion, namun dalam banyak kasus, bunion selalu dikaitkan dengan pemakaian sepatu yang buruk, terutama ketika menggunakan sepatu terlalu ketat.

2. Pengerasan kulit (corn)

Corn adalah sejenis kapalan yang berkembang saat sepatu yang ketat menekan kulit secara konstan. Perawatan sederhana melibatkan pemakaian pad (busa) di atas corn untuk membantu meringankan tekanan. Selain itu, memakai sepatu yang benar dan sesuai dengan daerah kaki yang lapang akan sangat membantu.

3. Kuku tumbuh ke dalam

4. Kaki diabetik

Penderita diabetes sering menderita kerusakan saraf (neuropati perifer) di kaki, dan tidak mampu merasakan iritasi kulit, atau bahkan gesekan. Jika sepatu terlalu ketat, maka ini dapat menyebabkan lepuhan atau luka yang dapat dengan cepat berkembang menjadi infeksi serius. Jika kamu penderita diabetes, periksa kaki setiap hari untuk daerah yang tertekan, kemerahan, melepuh, terluka, atau tergores.

5. Nyeri punggung bawah

Penggunaan sepatu hak tinggi mengakibatkan beban berat meningkat pada bola kaki dan dapat menyebabkan panggul miring ke depan. Jadi, untuk mengimbanginya, postur tubuh harus bersandar ke belakang, dengan meningkatkan lengkungan pada punggung bawah, sehingga dapat menempatkan beban pada tulang belakang lumbar.

Nah, gimana? Sudah tepatkah alas kaki yang Sahabat Jaco gunakan? Beberapa masalah diatas tentu dapat membuat kaki tidak nyaman. Boleh saja menggunakan beragam model sepatu dan sandal, asal tetap memperhatikan kesehatan kaki. Cara terbaik adalah dengan rutin menggunakan Sandal K-Walk untuk sehari-hari, karena bantalan cushion EVA yang empuk dan titik refleksi yang lembut membuat berjalan jauh tidak capek dan berdiri lama jadi sakit. Nyamannya dapat, sehatnya dapat!